TINGKATAN ORANG ISLAM

untuk menjadi hamba yang sempurna tidak gampang. karena hanya mengucapkan syahadat saja belum cukup untuk menyempurnakan diri kita sebagai hamba Allah yang sempurna. karena ternyata sebagai orang islam kita di bagi menjadi beberapa tingkat sesuai keimanan sang hamba. tapi bukanlah sistem kasta, atau adat dalam masyarakat pada umumnya.

Tingkatan pertama dalam islam adalah muslim. Siapakah dia? Dialah orang yang telah mengucapkan syahadat. Dia telah berserah diri sebagai seorang hamba. siapapun yang telah bersyahadat atau membaca kalimat tauhid meskipun hanya sekali sudah dikatan muslim, Meskipun tak pernah sholat dan ibadah lainnya. Dia sudah dapat jaminan untuk masuk surga. orang macam ini masih sangat mudah untuk digoda oleh setan. Sehingga rata-rata mereka masih selalu mengejar dunia daripada akhiratnya. Golongan ini adalah golongan paling besar dalam masyarakat Islam. Baik di negara Islam ataupun di negara non Islam.

Tingkatan kedua adalah mukmin. Siapakah mereka? Mereka adalah orang yang telah bersyahadat, dan mengamalkan keimanan mereka terhadap rukun iman yang enam. Mereka benar-benar mempercayai adanya Allah, Malaikat, Kitab, Rosul, Hari akhir dan Takdir. Golongan ini lebih tinggi dari pada seorang muslim. Lebih bertakwa, selalu melaksanakan perintah Allah dan menjauhi larangannya. Mereka telah takut untuk berbuat dosa. Setan sudah agak susah menggoda mereka, tapi bukan berarti tak bisa menggoda.

Golongan ketiga adalah muhsin, mereka adalah golongan orang islam yang dalam beribadah begitu takut kepada Allah, selalu berhati-hati dalam setiap tindakan dan ucapan. di dalam beribadah mereka selalu menghadirkan dalam hati mereka, seakan-akan melihat Allah, tapi jika tidak bisa maka oleh kanjeng Nabi, disuruh untuk merasakan seolah-olah Allah melihatnya dalam beribadah.

golongan yang paling tinggi adalah golongan mereka yang benar-benar ikhlas dalam beribadah. Dia beribadah hanya kepada Allah dan untuk Allah. Yang ia harapkan hanya ridho Allah, bukan yang lain. Dia sudah tidak memikirkan surga atau neraka. Yang dia butuhkan hanya Allah, yang dia mau hanya Allah. dan setan tak akan bisa menggoda apapun caranya. karena semua ini sudah sesuai janji Allah kepda iblis. Allah pernah mengatakan kepada iblis. Silahkan jika kamu mau menggoda anak cucu adam. Tapi sekali-kali kamu tak akan bisa menggoda mereka yang ikhlas dalam beribadah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s