HUJAN DI BULAN FEBRUARI

Hujan, rahmat tapi juga terkadang jadi musibah. Indonesia sedang berada dalam musim penghujan. tapi diawal musim kemaren hujan sulit untuk turun, sampai sampai petani kebingungan karena padi yang sudah terlanjur ditanam kekurangan pasokan air. padahal kebanyakan sawah mereka tadah hujan. Bahkan dibulan januari, yang dulu terkenal dengan sebutan “Hujan sehari-hari” tidak berlaku. hujan hanya terjadi beberapa kali saja di bulan Januari.

Di akhir bulan januari BMKG memprediksikan bahwa bulan februari indonesia akan diterpa hujan lebat dan angin besar. Terutama untuk jawa timur, ramalan itu telah terbukti. di awal februari ini di beberapa daerah di jawa timur terjadi hujan angin dan mengakibatkan musibah kerusakan di rumah-rumah warga. tidak hanya itu, banyak juga pohon tumbang di jalan-jalan protokol.

berdasarkan pengalaman para petani, musim hujan ini akan”bendol mburi”. Yaitu sedikitnya curah hujan diawal musim, akan berakibat banyaknya curah hujan di akhir musim. hal ini menyebabkan para petani tadah hujan akan agak kesulitan dalam bercocok tanam.

Hujan adalah rahmat. ya, itu memang benar. Dengan datangnya hujan tumbuh-tumbuhan menghijau, tanah kering dan tandus bisa ditanami lagi. Hutan-hutan yang terbakar kembali tumbuh memproduksi oksigen untuk kebutuhan umat manusia. sehingga memperlambat pemanasan global. Tapi di saat terjadi hujan terlalu deras dan dibarengi angin kencang, puting beliung, topan dan sebagainya. Hujan yang tadinya adalah rohmat seakan-akan berubah menjadi musuh masyarakat. Hujan yang tadinya membawa kebaikan, kini membawa musibah. Akhirnya banyak kerugian material yang dialami warga.

Peristiwa semacam ini seharusnya membuat kita berfikir. Terjadinya musibah adalah peringatan bagi kita agar tetap berlaku baik di alam ini. karena alam adalah sahabat manusia, jika manusia tidak bisa bersahabat dengan alam maka alam pun enggan untuk bersahabat dengan manusia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s