KEBAIKAN ILMU

Dalam sebuah kitab yang dikarang oleh hadratus syeikh KH hasyim Asy’asri beliau menulis perkataan salah seorang sahabat nabi yang bernama muadz bin jabal.

عن معاذ بن جبـل رضى اللـه عنـه تعلـموا العـلم فان تعـلمـه حسـنة, وطلـبه عبـادة, ومذاكـرته تسبـيح, والبـحث عنـه جهاد, وبـذله قربـة, وتعـلمه لمـن لايعـلمه صدقة

Artinya: Dari Muadz bin Jabal ra., beliau berkata: belajarlah kalian ilmu, karena sesungguhnya mempelajari ilmu itu adalah kebaikan, mencari ilmu itu adalah ibadah, mengingat-ingat ilmu itu adalah menjadi tasbih, melakukan penelitian terhadap ilmu itu adalah jihad, memberikan ilmu itu menjadikan kita dekat kepada Allah, dan mengajarkan ilmu kepada orang yng tidak tahu ilmu itu adalah sodaqoh.

Dari maqolah diatas dapat kita ketahui bahwa ilmu itu sangatlah penting. Karena pentingnya ilmu itu maka kita disuruh untuk mempelajari ilmu itu. Tanpa ilmu kita tidak akan bisa berbuat apa-apa. Tanpa ilmu hidu ini akan hampa. Mempelajari ilmu itu merupakan sebuah kebaikan dan mencarinya adalah sebuah ibadah. Melakukan kebaikan atau beribadah tidak hanya menolong orang dan sholat saja. Tapi mencari ilmu itu juga merupakan bagian dari berbuat baik dan beribadah.

Sebagian dari kita beranggapan yang namanya bertasbih itu adalah membaca tasbih itu adalah menguncapkan kalimat “subhanalloh”. Padahal sebenarnya tidak, karena bagi orang yang berilmu, mengingat-ingat ilmu yang pernah ia pelajari juga merupakan tasbih bagi dirinya. Dan jihadnya ilmuwan adalah melakukan penelitian. Jihad tidak harus berperang di medan perang, dengan kita melakukan penelitian terhadap ilmu sama artinya kita juga berjihad melawan kebodohan.

Disamping itu barang siapa mau memberikan/berbagi ilmu kepada orang lain itu akan mendekatkan dirinya kepada Allah. Tentunya disini juga haruslah didasari rasa ikhlas. Karena mengajarkan ilmu itu adalah sodaqoh. Maka harus ikhlas tanpa pamrih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s